Analisis Pemeliharaan Sarana Bermain Pada Wahana Waterpark Muara Bungo

Ariyanto Masnun, Nova Elsyra, Ade Rahma Darojatillah, Poiran Poiran, Teta Wismar

Sari


Pemeliharaan sarana bermain pada Semagi Waterpark adalah hal penting untuk dilakukan demi menjaga kesinambungan usaha. Pada Semagi Waterpark masih ditemukannya beberapa wahana bermain yang rusak, minimnya peralatan untuk pemeliharaan, dan pemeliharaan yang dilakukan belum secara periodik oleh Semagi Waterpark Muara Bungo.????????????

metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah? pimpinan, seluruh karyawan, dan pengunjung Semagi Waterpark Muara Bungo. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 orang.

Pemeliharaan yang dilakukan oleh Semagi Waterpark adalah perdepartement, untuk pemeliharaan dibagian air dilakukan oleh bidang watertreatment, pemeliharaan taman, dilakukan oleh housekeeping, sedangkan untuk perawatan mesin-mesin yang rusak dilakukan oleh bidang maintenance. Pemeliharaan-pemeliharaan yang dilaksanakan adalah preventive maintenance dan corrective maintenance, akan tetapi pemeliharaan yang dilakukan belum? secara optimal. Kendala yang dihadapi manajemen Semagi Waterpark Muara Bungo dalam pemeliharaan sarana bermain dalam menjaga kesinambungan usaha diantaranya adalah masih ditemukannya beberapa wahana bermain yang rusak, masih minimnya peralatan untuk pemeliharaan wahana bermain, sistem pemeliharaan belum dilakukan secara periodik oleh Semagi Waterpark Muara Bungo. Semagi Waterpark Muara Bungo, telah melakukan berbagai pemeliharaan, namun dikarenakan kendala-kendala yang ada maka pemeliharaan sarana bermain belum dilakukan secara optimal. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan Semagi Waterpark Muara Bungo adalah, penambahan wahana baru, melakukan pemeliharaan secara rutin dan berkala, penambahan SOP (Standart Operational Prosedure) pemeliharaan, penambahan karyawan free lance.

Kata Kunci


Pemeliharaan, Sarana Bermain, Wahana Waterpark.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku

Gempur Santoso, Manajemen Perawatan Pabrik. Dengan Pendekatan Egronomis, Prestasi Pustakaraya, Jakarta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi Dengan Metode R&D, Alfabeta, Bandung, 2016.

Sukarna, Dasar-Dasar Manajemen, Cetakan Kedua. Mandur Maju, Bandung, 2011.

Suyadi Prawiro Sentono, Manajemen Operasi Analisis dan Kasus, Edisi Keempat. Cetakan Pertama. Bumi Aksara, Jakarta, 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.