Analisis Pembinaan Kedisiplinan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo

Muhammad Nasir, Joko Susanto, Kitri Ayu Wulandari Mustafa, Ade Sofa

Sari


Kedisiplinan merupakan suatu kondisi sikap mental yang tecermin dalam perbuatan atau tingkah laku dari setiap individu ataupun kelompok yang berupa kepatuhan maupun setia terhadap suatu peraturan, ketentuan, maupun organisasi. Sikap disiplin wajib dipertahankan di dalam sebuah organisasi karena untuk bisa menumbuhkan rasa kepatuhannya terhadap organisasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan kedisiplinan sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja pegawai, hambatan dalam pembinaan kedisiplinan sumber daya manusia dan upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan dalam pembinaan kedisiplinan sumber daya manusia dalam peningkatan kinerja pegawai di Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Rimbo Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran lurah dalam pembinaan kedisiplinan sumber daya manusia sudah berjalan dengan baik akan tetapi masih mengalami beberapa kendala yang ditemui, yaitu rendahnya kesadaran pegawai untuk bisa bersikap disiplin terhadap organisasi sehingga mengakibatkan sulitnya membina pegawai. Diharapkan kedepannya peran lurah dalam pembinaan kedisiplinan sumber daya manusia melakukan pendekatan dengan masing-masing pegawai melalui cara pendekatan secara personal kepada para pegawai guna mengatasi hambatan-hambatan yang ada.

Kata Kunci


Kedisiplinan, Sumber Daya Manusia, Kinerja, Pegawai.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku

Sugiyono, (2011), Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Peraturan-Peraturan

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Jurnal

Tini Apriani, Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Aparatur Di Kabupaten Serang, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementrian Dalam Negeri, Jakarta, Volume 7 Nomor 4 Edisi Desember 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.