Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Pengguna Tabungan Sikoci Pada Bank Nagari Cabang Utama Padang

Susriyanti Susriyanti, Rio Nardo, Riche Fermayani

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana variabel kepercayaan (trust), switching cost, dan word of mouth mampu mempengaruhi loyalitas nasabah pengguna tabungan Sikoci pada Kantor Bank Nagari Cabang Utama Padang. Fluktuatifnya jumlah nasabah pada tabungan Sikoci menjadi research gab dalam penelitian ini. State of the art penelitian terdapat pada indikator yang digunakan pada masing-masing variabel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Hasil uji t statistic dalam penelitian ini menjelaskan bahwa variabel kepercayaan (trust) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabahyang dibuktikan oleh nilai > ?(2,098 > 1,66039), dengan nilai signifikansi sebesar 0,038< alpha 0,05. Variabel switching cost berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah yang ditunjukkan oleh nilai > ?(4,770> 1,66039) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< alpha 0,05. Variabel word of mouth berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabahyang dibuktikan oleh nilai > ?(5,472 > 1,66039), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05. Hasil uji f statistik menyimpulkan bahwa variabel kepercayaan (trust), switching cost, dan word of mouth secara bersama-sama berpengaruh terhadaployalitas nasabah karyawan pada Kantor Bank Nagari Cabang Utama Padang yang dibuktikan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai 265,570> ?2,36. Hasil uji koefisien determinan adalah bahwa besarnya pengaruh dari variabel independenterhadap variabel dependen sebesar 88,9%, sisanya sebesar 11,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Kata Kunci


Kepercayaan (Trust), Switching Cost, Word Of Mouth, Dan Loyalitas Nasabah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-Buku

Barnes, James G. 2003. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Terjemahan Andreas Winardi. Yogyakarta: Andi: 137-195

Cangara, Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Griffin, Jill. 2005.Customer Loyality Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetian Pelanggan. Erlangga. Jakarta

Kotler, P., & Keller, K. L., 2011, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 3, Erlangga, Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2002. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sekaran, U. 2006. Research Methods For Business/Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Penerjemah Yon, K.M., Buku 2. Edisi Keempat. Salemba Empat. Jakarta

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Yogyakarta: Penerbit Andi

Jurnal

Aryani Dwi dan Febrina Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. Universitas Indonesia. Vol 17. No. 02. Hal. 114

Burnham, T. A., Frels, J. K., Mahajan, V. 2003. Customer switching cost: A typology, antecedents. Jornal of the Academy of Marketing Science, Vol. 31, No. 2, 109-126

Chadha, SK. and D. Kapoor. 2009. Effect of Switching Cost, Servive Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty of Cellular Service Providers in Indian Market. The IUP Journal of Marketing Management. Vol. 8 No. 1

Mahardika, A dan Basuki, R. 2011. Factor Determining Acceptance Level Of Internet Banking implementation. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura :169

Wahyuni, Endang Tri. 2015. Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah. Universitas PGRI Yogyakarta. Yogyakarta. Akmenika. Vol. 12. No. 02. Hal. 01

Webset

www.singgalang.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.