Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Kerjasama Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Didik Melalui Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Yulia Wiji Astika, Delvita Juniarsih, Irda Rahayu

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam kerjasama peningkatan kemampuan Bahasa Inggris anak didik melalui Lembaga Kursus, mengetahui hambatan-hambatan dan upaya apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam kerjasama dengan lembaga kursus.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, kepala bidang pendidikan nonformal dan bawahanya, serta pimpinan dan anak didik pada Lembaga Kursus. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 7 (tujuh) orang.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan pemerintah daerah dalam kerjasama peningkatan kemampuan Bahasa Inggris anak didik melalui lembaga kursus Bahasa Inggris sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari kerjasama yang dilakukan antara pemerintah daerah dengan pihak kursus secara tertulis memang tidak ada, namun kerjasama yang terjalin yaitu berupa rekomendasi izin mendirikan kursus. Hambatan dalam kebijakan pemerintah daerah dalam kerjasama peningkatan kemampuan Bahasa Inggris anak didik yaitu mengenai dana, jarak tempuh, dan keterampilan dalam melakukan kerjasama. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu pemerintah memberikan kesempatan yang sama pada semua lembaga kursus dalam memperoleh bantuan, bagi petugas asesor yang mendapat tugas untuk melakukan penilaian langsung berupaya tetap konsisten dalam jadwal yang sudah ditentukan, dan mengupayakan tenaga pengajar yang berkompeten serta memiliki skill yang baik dalam hal kerjasama.

Kata Kunci


Pemerintah Daerah, Kerjasama, Kursus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-Buku

Abuddin, N. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Prenada Media Group.

Rahay, K.D. 2016. Analisis Kebijakan. Cv Pustaka Ceria: Bandung.

Sihombing, U. 2001. Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Adicita Karya Nusa: Yogyakarta.

Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung.

Jurnal

Murdiana Asih Heningtyas,S.M. 2017. Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal. Jurnal Administrasi Publik.

Nunung Fajaryani, F.M. 2015. Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar dengan TALULAR. Pengabdian pada Masyarakat.

Oswari, E.A. 2012. Mengkaji Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri dengan Free Virtual Online Course. Ug Jurnal ISSN.

Yusrah Ubaid Salim, S. W. 2017. Analisis Minat Beli Konsumen terhadap Program Kursus Bahasa Inggris di lembaga Kursus Bahasa Northen Ligths Education Center (NLEC). E-procedding of applied Science.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan NasionalPeraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2014

Peraturan Daerah Bupati Bungo No. 17 Tahun 2014

Peraturan Bupati Bungo No 20 Tahun 2014




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v3i4.124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo