MODEL PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA TELUK PANJANG KECAMATAN BATHIN III KABUPATEN BUNGO

Asrai Maros, Joko Sunaryo, Ha Esdhona

Sari


Pasca diterbitkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan dipertegas dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa, sumber pemasukan keuangan desa melalui Dana Desa (DD) mengalami peningkatan yang signifikan. dengan dana desa yang besar belum berbading lurus dengan pembangunan yang ada. Hasil survei di lapangan ditemukan pembangunan jalan yang belum semestinya dilakukan telah dilakukan, padahal kondisi jalan yang lama masih layak untuk digunakan. Selain itu pelaksanaan pembangunan masih bersifat top down sehingga pembangunan tidak tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan bagaimana model partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Desa Teluk Panjang dengan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Desa Teluk Panjang belum maksimal dilakukan karena belum semua unsur masyarakat terlibat dalam proses perencanaan pembangunan pada kegiatan Musrebangdes. Partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan jika dilihat dari indikator suara (voice), untuk penyampaian pedapat Secara Langsung belum maksimal dilakukan sedangkan penyampain pedapat secara Pewakilan melalui ketua Rukun Tangga (RT) juga dinilai belum maksimal karena usulan pembangunan kebanyakan hasil dari inisiatif ketua RT bukan dari masyarakat yang diwakilinya. Dilihat dari indikator Akses, akses yang diberikan oleh Pemerintah Desa Teluk Panjang kepada masyarakat dalam kegiatan Musrebangdes juga masih terbatas. Serta jika dilihat dari Indikator Kontol, bahwa kontrol terhadap rencana pembangunan Desa Teluk Panjang belum maksimal dilakukan baik oleh masyarakat maupun oleh BPD, karena masyarakat belum banyak terlibat sedangkan BPD pasif. Kontrol yang tidak maksimal akan berakibat kepada arah pembangunan di Desa Teluk Panjang akan condong kepada keinginan dan kebutuhan Pemerintah Desa bukan masyarakatnya.

Kata Kunci


Partisipasi, Perencanaan, Pembangunan, Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku :

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group.

Slamet. (2003). Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi, Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Solekhan, Moch. (2012). Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Malang: Setara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suharmi Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Perundang-undangan :

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa

Jurnal :

Dea Deviyanti. (2013). Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan DiKelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah. Jurnal eJournal AdministrasiNegara, Volume 1, Nomor 2.

Elida Imro?atin Nur Laily. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam PerencanaanPembangunan Partisipatif. Jurnal Volume 3, Nomor 2.

Fathurrahman Fadil. (2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Kelurahan Kotabaru Tengah. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal, Volume II Edisi 2.

Husnul Imtihan, Dr. Wahyunadi, SE, Dr. M. Firmansyah M.Sc. (2016). Peran Pemerintah Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang Ds. Taman Sari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat 2016). Jurnal Neo-Bis, Volume 11,No 1,Juni 2017.

Julianty Pradono dan Ning Sulistyowati. (2013). Hubungan ANTARA Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Tentang Kesehatan Lingkungan, Perilaku Hidup Sehat Dengan Status Kesehatan Studi Korelasi pada Penduduk Umur 10?24 Tahun di Jakarta Pusat. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan ? Vol. 17 No. 1 Januari 2014: 89?95.

Nanang Al Hidayat, Asra?i Maros. (2019). Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (Studi pada Dusun Teluk Panjang, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo). Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora (JASIORA), Vol. 3 No. 3 Desember 2019, hlm. 89-99.

Retno Susanti, Djoko Suwandono, Mussadun. (2019). Proses Partisipatif Penyusunan Desain Wisata Industri Batu Bata Di Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen. JURNAL PASOPATI - Vol. 1, No. 2 Tahun 2019


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.