Peran Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Joko Sunaryo, Sasmita Rusnaini, Teta Wismar, Deni Handani, Mitha Berlian

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fomomena masih terbatasnya dana untuk kegiatan (SPP); kurangnya kesadaran masyarakat (kelompok SPP) dalam pengunaan dana (SPP) Simpan Pinjam Perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perdesaan; Sarana dan Prasarana yang belum memadai sebagai penunjang pekerjaan di kantor.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran, hambatan serta upaya dalam pelaksanaan pengelola amanah pemberdayaan masyarakat Kecamatan Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan SPP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, populasi yaitu seluruh pegawai dan petugas kelembagaan Pengelola Amanah Pemberdayaan Masyarakat (PAPM) serta masyarakat kelompok Simpan Pinjam Perempuan dan sampel? dalam penelitian? ini sebanyak 14 (empat belas) orang, dengan teknik Purposive? sampling.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran PAPM Asam Jujuhan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan SPP yaitu mendekatkan modal pada masyarakat khususnya masyarakat miskin, potensi produktif dengan sistem perkreditan yang mudah, murah dan mengarah, membentuk modal masyarakat, membimbing masyarakat untuk lebih mengenal dan memahami asas-asas ekonomi dan permodalan, memberi pelayanan pinjaman tanpa agunan, dan mengadakan kerjasama dengan pihak ketiga dan usaha lain yang sah. Dalam pelaksanaan peran PAPM Asam Jujuhan, melalui kegiatan SPP. terkendala oleh dana yang ada tidak mencukupi untuk diberikan pinjaman pada setiap kelompok SPP, terkadang uang yang disalurkan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) ke kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) tidak digunakan tepat sasaran, serta sarana dan prasarana yang ada belum memadai, akibatnya pekerjaan sering terganggu dan tertunda, mengatasi terkait dengan kendala tersebut diupayakan yaitu UPK PAPM melakukan perguliran dana? dan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga, sosialisasi untuk seluruh kelompok SPP yang ada di Jorong dan Nagari, menggunakan kantor bamus yang tidak dipakai sampai dengan dapat membuat gedung sendiri, serta mencari spot jaringan internet yang memadai dengan pergi ketempat dataran tinggi.

Kata Kunci


Peran PAPM, Simpan Pinjam Perempuan, Kesejahteraan Masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku :

Anggara, Sahya. Ilmu Administrasi Negara, Pustaka setia, Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Pratis, Jakarta. Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Bandung, Alfabeta.

Nawawi, Ismail. 2009. Public Policy : Analisis, Strategi Advokasi Teori dan Praktek. Putra Media Nusantara, Surabaya.

Pasalong, Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik, Cetakan ke II, Bandung, Alfabeta.

Tahir, Arifin. 2015 Kebijakan Publik dan Transparansi penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Bandung, Alfabeta.

Tanzeh, Ahmat. 2009. Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta, Teras Press.

Soekanto, Soerjono.2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady, 2008. Metodologi penelitian Sosial. Jakarta, Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus, Yogyakarta. CAPS.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial

Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepat Penangulangan kemiskinan

Anggaran Dasar Pengelola Amanah Pemberdayaan Masyarakat Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019.

Anggaran Rumah Tangga pengelola Amanah Pemberdayaan Masyarakat Asam Jujuhan Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019.

Website

Pendamping Sosial.id.Kriteria Miskin Menurut Standar BPS/ Pendamping sosial, 8 Maret 2020.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.