Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Dana Desa dan Manajemen Keuangan Desa terhadap Efektivitas Program Pembangunan Desa di Kabupaten Bungo

Nova Elsyra, Syah Amin Albadry, Zulkifli Zulkifli

Sari


Pengelolaan keuangan Desa harus dilakukan dengan manajemen yang baik dan akuntabel karena dana yang masuk ke Desa bukanlah dana yang kecil, melainkan sangat besar untuk dikelola oleh sebuah Pemerintahan Desa. Dengan adanya kebijakan Dana Desa tersebut, maka dimensi manajemen pada pelaksanaan kebijakan Dana Desa tersebut perlu untuk diterapkan dengan baik karena menurut Nugroho (2014) kebijakan publik di dalamnya terjadi proses perancangan dan perencanaan; pelaksanaan melalui berbagai organisasi dan kelembagaan; serta untuk mencapai hasil yang optimal, maka implementasi kebijakan publik harus dikendalikan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Dana Desa dan Manajemen Keuangan Desa terhadap Efektivitas Program Pembangunan Desa di Kabupaten Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eks-planatif karena bertujuan untuk meneliti karakteristik variabel dan hubungan antar variabel yang telah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh desa yang ada di Kabupaten Bungo yang berjumlah 141 Desa. Dari populasi tersebut ditarik jumlah sampel sebanyak 35 responden dengan metode penarikan sampel menggunakan tehnik non probability sampling dengan cara Convinience Sampling atau sampel dengan kemudahan.

Kata Kunci


Pelaksanaan, Keuangan, Efektivitas, Dana Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku :

Halim, Abdul.2002. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta : Salemba Empat.

Rozaki, Abdur, dkk. (2005). Prakarsa Desentralisasi dan Otonomi Desa. Yogyakarta, IRE Press.

Siagian, Sondang. (1990). Filsafat Administrasi. Cet. 21. Jakarta: CV. Haji Masagung

Sumarsono, S. (2010). Manajemen Keuangan Pemerintahan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Terry, G. R. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

The Liang Gie. (1987). Pengertian, Kedudukan, dan Perincian Ilmu Administrasi

Jurnal

I Wayan Saputra (2016), Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Pada Desa Lembean Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli Tahun 2009-2014, Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE) Volume: 6 Nomor: 1

Peraturan

Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 Tentang Alokasi Dana Desa. Permendagri No 66 tahun 2007 tentang Pemerdayaan Masyarakat Desa.

Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 140/640/SJ Tahun 2005 tentang Pedoman Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Pemerintah Desa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.