Analisis Kapabilitas Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Mega Sawindo Perkasa Muara Bungo

Panji Ulum, Yasmir Yasmir

Sari


Keberhasilan Perusahaan dalam mencapai tujuan tidak hanya tergantung pada keunggulan tekhnologi, modal yang tersedia, sarana ataupun prasarana yang dimiliki, melainkan juga tergantung pada aspek Sumber Daya Manusia. Agar pengelolaan Sumber Daya Manusia dapat berjalan secara efektif, pihak manajerial perlu memiliki kapabilitas yang memadai, bukan hanya sebatas memiliki kemampuan namun juga memiliki keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kapabilitas manajemen sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan produktivitas perusahaan pada PT. Megasawindo Perkasa Muara Bungo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kapabilitas manajemen sumber daya manusia pada PT. Megasawindo Perkasa Muara Bungo cukup baik, meski pada beberapa bagian belum sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP). Keterbatasan manajerial yang sesuai dengan bidang pekerjaan dan pendidikannya menjadi salah satu hambatan yang di hadapi oleh pihak Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Megasawindo Perkasa Muara Bungo, namun pemberian Pelatihan dan pemberlakukan Rotasi Kerja menjadi salah satu upaya yang di terapkan oleh Pihak Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Megasawindo Perkasa Muara Bungo untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Kata Kunci


Kemampuan, Pendidikan, Pengalaman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku

Anwar Prabu Mangkunegara, Evaluasi Kinerja SDM, Refika Aditama, Bandung, 2009.

Danang Sunyoto, Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Center for Academic Publishing Service, Yogyakarta, 2015.

Gary Dessler, Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta, 2014.

Iskandar, Metode Penelitian Kualitatif, Gaung Persada, Jakarta, 2009

Jurnal

(*Anokwuru, C.P. 1, Anyasor, G.N.1, Ajibaye O.2, Fakoya O.1, 2011)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.