Evaluasi Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) Di Kecamatan Bathin III Muara Bungo Provinsi Jambi

Tri Wera Agrita, Titis Wulandari

Sari


Kemiskinan merupakan masalah sosial yang senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat, khususnya di negara-negara berkembang. Kemiskinan ini muncul sebagai akibat kenaikan berbagai bahan kebutuhan pokok dan hilangnya berbagai pendapatan masyarakat. Hal ini mengakibatkan adanya pemutusan hubungankerja dari berbagai bencana yang terjadi diberbagai daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan Pelaksanaan BLSM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Bungo tepatnya di Kecamatan Bathin III.Kecamatan Bathin III yang mana Kabupaten Bungo terdiri dari 17 Kecamatan dikarenakan penduduk masyarakat Kecamatan Bathin III mata pencahariannya rata-rata sebagai petani yang mana hasil pendapan tidak menentu. Berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo berupaya untuk melaksanakan kebijakan tersebut. UUD Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Program BLSM. UUD Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pedoman dan Pendataan dan Pengelolaan Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Melalui Kemensos Nomor 28/HUK/2013 PT.Pos Indonesia dan BRI sebagai pelaksana penyaluran dana BLSM kepada Rumah Tangga Miskin.

Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif.? Pelaksanaan lapangan berupa peranan operator sebagai fasilitasi dalam melakukan sosialisasi, Pendataan Penerima, Ketepatan Sasaran dan Penyaluran dana BLSM. Kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan program BLSM Kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah dan Rendahnya keterampilan petugas dalam memantau dan memonitor pelaksanaan program BLSM serta organisasi dan manajemen pemerintahan yang belum terpadu di Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo. Upaya-upaya Pemerintahan Kabupaten Bungo dalam pelaksanaan program BLSM dapat memantau dan mengawasi pelaksanaan program BLSM dilapangan.

Kata Kunci


BLSM, Bathin III, Evaluasi, Kemiskinan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku :

Sulistiyani AT. 2017. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan.Yogyakarta: Gava Media.

Badan Pusat Statistik, 2015. Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bungo.

Peraturan Perundang-undangan

SK. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bungo Nomor 399 A/DISOSNAKERTRANS.2.1. V/ 2013

Undang ? Undang Nomor 5.tentang pelaksanaan program BLSM.2013


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.