ANALISIS AUDIT OPERASIONAL PERSEDIAAN BARANG DAGANG (KASUS PADA LPG NON SUBSIDI PADA PT. HARAPAN PANCA SUKMA BANDAR LAMPUNG)

Novalita Novalita, Siti Rahmiati

Sari


Auditing adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan secara kritis ?dan sistematis, oleh pihak yang independen, terdapat laporan keuangan yang telah disusun oleh manajemen, beserta catatan- catatan pembukuan dan bukti-bukti pendukungnya, dengan tujuan untuk dapat memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan audit operasional atas persediaan barang dagang di PT. Harapan Panca Sukma dan melihat temuan dan rekomendasi yang diperoleh dari audit operasional terhadap persediaan barang dagang PT. Harapan Panca Sukma Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di PT. Harapan Panca Sukma Bandar Lampung. Teknik sampel dilakukan adalah laporan persediaan bulan September 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum sudah dilaksanakan audit operasional persediaan barang dagang terhadap pemasukan dan pengeluaran barang tetapi ada persediaan barang yang overstock.


Kata Kunci


Audit Operasional, Persediaan Barang Dagang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arens, Alvin A et al. Auditing dan Jasa Assurance.Jakarta : Erlangga, 2015.

Arens, Alvin A, Elder, Randal J, dan Beasley, Mark S . Auditing and Assurance Service.England : Person Education Limited, 2012.

Azhar Susanto. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya, 2006.

Bayangkara, IBK. Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Bayangkara, IBK. Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Baridwan, Z. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode.Yogyakarta : Akademi Akuntansi YKPN, 2012.

Buku panduan penulisan laporan praktek kerja lapangan Universitas Mitra Indonesia

Dewi Prayogi Manuaba, Ida Ayu dan Muliartha RM, Ketut ?Pengaruh Audit Operasional dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada, Ayodya Resort)?, Jurnal Akuntansi Universitas Udayana (Unud), Juli 2017, 1. Hal 324.

Dyckman, Dukes dan Davis. Akuntansi Intermediate, Jilid 2, Penerbit :Erlangga, 2000.

Djunaidi, M., Setiawan, E. and Andista, F.W., 2005. Penentuan jumlah produksi

dengan aplikasi metode fuzzy?mamdani. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(2), pp.9 104.

Huldi, Junaidi ?Pengaruh Audit Operasional Terhadap Persediaan Barang Dagang (Studi Kasus Pada Usaha Depot Jaya Motor)?, Jurnal Equilibrium 2018. Hal 44.

Hadiguna, R. A., dan Setiawan, H., 2008, ?Tata Letak Pabrik?. Yogyakarta: ANDI.

Iqbal, Taufiq., Aprizal, Daniel., dan Muhammad Wali. (2017). Aplikasi Manajemen Persediaan Barang Berbasis Economic Order Quantity (EOQ).Journal JT Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1(1), 48-60.Retrieved from JTIK Jou

Kasmir. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana, 2010. Mulyadi.Auditng. Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Marbun, M. and Sihotang, H.T., 2017.Perancangan Sistem Perencanaan Jumlah Produksi Roti Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Jurnal Mantik Penusa, 20(1).

Putro, Gunawan Madyono dan Eka Saputro, Rizky Fawzi ?Pengendalian Persediaan Tabung Gas LPG Untuk Meminimasi Total Biaya Persediaan (Studi Kasus pada PT. Wina Wira Usaha Jaya, Yogyakarta Periode Mei 2014 - April 2015)?, Jurnal OPSI (Optimasi Sistem Industri), Juni 2016, 1. Hal 34.

Pramono, G.H., 2008. Akurasi metode IDW dan Kriging untuk interpolasi sebaran sedimen tersuspensi di Maros, Sulawesi Selatan.

Qudratullah, Muhammad Farhan. Statistika Terapan: Teori, Contoh Kasus, dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.

Rangkuti.Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Rusdah ?Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Persediaan Obat (Studi Kasus pada Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta)?, Jurnal TELEMATIKA M.KOM, 3, No 2, 2011. Hal 51-59.

Sunyoto, Danang. Auditing Pemeriksaan Akuntansi. Yogyakarta: CAPS (center of Academic Publishing Service, 2013.

Sukrisno, Agoes. Auditng : Praktisi Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat, 2016.

Sukrisno, Agoes. Auditng : Praktisi Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik.

Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Sukrisno, Agoes. Auditng: Praktisi Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik, Edisi 5.

Jakarta: Salemba Empat, 2017.

S.K, Purwanto dan Suharyadi. Statistika: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Edisi 2 buku 2. Jakarta: Salemba Empat, 2016.

Sadriatwati, S.E., 2017. Analisis Perbandingan Metode EOQ dan Metode POQ Denganmetode Min-max dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT Sidomuncul Pupuk NUSANTARA.Admisi dan Bisnis, 17(1), pp.11-22.

Septianingrum, Elisa?Pengaruh Audit Manajemen Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Bank Panin, Cabang Kendari)?, Jurnal Akuntansi Universitas Halu Oleo Kendari, 2017. Hal 37.

Vergianti, A., 2018. Perencanaan Kebutuhan Persediaan Bahan Baku pada Proses Body Repair Mobil dengan Menggunakan Metode Min-Max (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Weygandt, Jerry J, Chalmers, Keryn, Mitrione, Lorrena, Yuen, Susana, Fyfe, Michelle, Kieso, Donald E, dan Kimmel, Paul D.Principles of Accounting. Hokoben : John Wiiley & Sons. 2010.

Weygandt, Jerry J and Kieso, Donald E and Kimmel, Paul D, Accounting Principles Pengantar Akutansi, Edisi Ketujuh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2007




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v4i2.162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo