Analisis Proses Seleksi Karyawan Pada PT. Jaya Indah Motor Cabang Muara Bungo

Cece Lestari, Syah Amin Albadry, Joko Sunaryo

Sari


Proses seleksi karyawan dilakukan untuk mendapatkan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal dan dapat bertahan di perusahaan untuk waktu yang lama. Oleh karena itu setiap perusahaan seharusnya memberikan peluang dan kesempatan yang sama pada seluruh karyawan untuk diikut sertakan dalam proses seleksi? untuk menduduki posisi atau jabatan di perusahaan, salah satunya adalah proses seleksi karyawan pada PT. Jaya Indah Motor Cabang Muara Bungo.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses seleksi, hambatan dab upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam proses seleksi karyawan PT. Jaya Indah Motor Muara Bungo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Jaya Indah Motor Cabang Muara Bungo, sampel berjumlah 13 (tiga belas) orang.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa? Proses seleksi karyawan pada PT. Jaya Indah Motor Cabang Muara Bungo sudah dilakukan dengan melihat pendidikan, pengalaman kerja, kesehatan karyawan, proses tes tertulis dan wawancara, namun proses seleksi karyawan hasilnya belum optimal, Hambatan yang dihadapi dalam proses seleksi karyawan PT. Jaya Indah Motor Cabang Muara Bungo adalah, proses seleksi yang cenderung kurang transparan, proses seleksi karyawan belum melibatkan lembaga yang bertugas dalam proses seleksi. Upaya yang sudah dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam proses seleksi karyawan di PT. Jaya Indah Motor Cabang Muara Bungo adalah meminta referensi bagi karyawan yang bekerja di PT. Jaya Indah Motor Cabang Muara Bungo, memanfatkan kewenangan dari Kepala Cabang untuk melakukan proses seleksi karyawan secara langsung melalui proses wawancara.

Kata Kunci


Analisis, Proses Seleksi, Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Edy, Sutrisno, 2016. Manajemen sumberdaya Manusia, Jakarata: Kencana Prenada Media Grup

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2011. Manajemen Sumberdaya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Pratik, Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soedarjadi. 2015. Hak dan Kewajiban Pekerja Pengusaha. Yogyakarta: Pustaka Yustia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.