Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Puskesmas Teluk Singkawang Kabupaten Tebo

Foulinda Usdeka, ira widyastuti, Deni Handani

Sari


Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja peawai pada puskesmas teluk singkawang.? Pada dasarnya Manusia merupakan sumber daya penting dalam mencapai tujuan organisasi dalam mempunyai perbedaan karakteristik dengan sumber daya lainnya. Manusia dikatakan sumber daya penting karena bagaimana pun canggihnya teknologi yang ada, manusia merupakan pelaku utama dalam teknologi itu sendiri, sumber daya manusia (SDM) di dalam suatu organisasi /perusahaan/lembaga untuk mencapai tujuannya.?????????????

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Teluk Singkawang kabupaten Tebo. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner untuk menentukan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel 45 responden yaitu? 45 orang pegawai Puskesmas Teluk Singkawang Kabupaten Tebo dan analisis data dengan regresi linier berganda menggunkan bantuan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai yang dapat dibuktikan dengan hasil nilai thitung 6,388 ttabel 2,017 dengan nilai singnifikan 0,00 0,05. Dan hasil uji t parsial menyatakan bahwa motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai nilai thitung 1,873 ? ttabel 2,017 dengan tingkat singnifikan 0,068 0,05. Dan uji secara simultan , variabel independen (disiplin kerja dan motivasi) secara bersama ? sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen (kinerja pegawai ) hal ini dibuktikan hasil stistik uji F di peroleh nilai fhitung 31,110 ftabel? 4,067 dengan tingkat signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 0,05)? dan nilai R square pengaruh disiplin kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai sebesar 59,7%.

Kata Kunci


Disiplin Kerja, Motivasi, Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Buku :

Abdurahman, M., & Muhidin, S. Ali. (2011). Panduan Praktis Pemahan Penelitian (Bidang Sossial Administrasi). Cv Pustaka Setia.

Badriyah, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cv Pustaka Setia.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan Spss. Cv . Budi Utama.

Fahmi, I. (2012). Manajemen Teori, Kasus, Dan Solusi. Alfabeta.

Fathoni, A. (2014). Organisasi Dan Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Rineka Cipta.

Hamali, Arif Yusuf. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karywan. CAPS ( Center For Academic Publishing Service).

Malayu, Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2013). Manajemen Sumber Maya Manusia. PT Remaja Rosdakarya.

Melayu, Hasibuan. (2013). Manajemne Sumber Dya Manusia. Bumi Aksara.

Mulyono. (2018). Berprestasi Melalui JFP Ayo Kumpulkan Angka Kreditmu. CV. Budi Utama.

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. CV. Wade Gruop.

Sembiring, M. (2012). Budaya Kinerja Organisasi (Perspektif Organisasi Pemerintah). Fokus Media.

Sembring, M. (2012). Budaya & Kinerja Organisasi. Fokusmedia.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Pt. Rafika Aditama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suwatno & Donni Juni Priansa. (2018). Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Alfabeta.

Syofian Siregar.(2020).Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilangkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi Spss Versi 17. Jakarta. Bumi Aksara

Syaiful Bahri. (2018). Metodelogi Penelitian Bisnis- Lengkap Dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta.Cv.Andi Offset

Wirman Syafri, & Alwi. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik. IPDN Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.