Pengaruh Harga Dan Citra Perusahaan JNE Cabang Muara Bungo Terhadap Kepuasan Konsumen

Ha Esdhona, Risfal Julianda

Sari


Pada era globalisasi saat ini kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang memberikan dampak besar terhadap kehidupan sehari-hari manusia, sehingga adanya perubahan dalam semua bidang kehidupan manusia terutama dalam bidang penyediaan jasa pengiriman barang (ekpedisi).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh harga dan citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen JNE Muara Bungo, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk menentukan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling incidental dengan jumlah sampel 100 responden, analisis data dengan regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil secara parsial H1 diterima dan H0 ditolak disebabkan karena X1 variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung (3.354) > ttabel (1.984), atau signifikan 0.001 < 0.05, hasil dari uji t H2 diterima dan H0 ditolak disebabkan karena X2 variabel citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen diketahui bahwa besarnya nilai thitung adalah 4.446 dari thitung (4.446) > ttabel (1.984), atau signifikan 0.001 < 0.05, secara simultan H3 diterima dan H0 ditolak disebabkan karena X1 variabel harga dan X2 variabel citra perusahaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen diketahui bahwa nilai fhitung 53.692? > ftabel 3,089 atau signifikan 0.000< 0,05.

Kata Kunci


Harga, Citra Perusahaan, Kepuasan Konsumen,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku

Fandy, T. (2014). Pemasaran Jasa (C.V Andi (ed.); Ke-1).

Maman, A. (2011). panduan praktis memahami penelitian (Ke-1). CV Pustaka Setia

Meithiana, I. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Ke-1). Unitomo Press

Jurnal

Astani Shilawati, Sumitro, M. S. (2020). LOYALITAS KONSUMEN ( Studi Kasus PT . Jalur Nugraha Ekakurir ( JNE ) Tipar Cakung Jakarta Timur ). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1?16.

Bagus handoko. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Titipan Kilat Jne Medan. Jurnal Imiah Manajemen Dan Bisnis, 17(1), 1?13.

Fadillah, I. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(11), 2?18.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61?72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098

Komala, R. D., & Nellyaningsih. (2017). Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada Pt. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Center Bandung Pada Tahun 2017. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 3(2), 330?337.

Mahardhika Budi Wahyu, F. A. M. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Lingkungan Kerja Internal Dan Pekerjaan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT.WARNATAMA CEMERLANG GRESIK. Jurnal Balance, XV(2), 49?59.

Nabila mariska iskandarsyah, S. utami. (2017). Pengaruh harga, lokasi, dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada perumahan murah di hadrah property (pp. 129?144).

Noeraini, I. A. (2016). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN: 2461-0593, 5(5), 1?17.

Nurbaiti, E., Susilo, H., & Agusti, R. R. (2016). Pengaruh Implementasi Sistem Elektronik Bagi Wajib Pajak Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 9(1), 1?9.

Word Wide Web

Catriana, E., & KOMPAS.com. (2020). Masyarakat Keluhkan Layanan JNE. Www.KOMPAS.Com. https://money.kompas.com/read/2020/06/02/190652526/masyarakat-keluhkan-layanan-jne-ini-kata-pihak-manajemen

Skripsi

Ula, N. Z. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) BLITAR. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Pramisi, R. D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Nasabah Pensiunan Pada PT. Kantor Pos Ponogoro. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.