Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Anggota Melalui Kepuasan (Studi pada Anggota Koperasi Unit Desa Sari Mukti Dusun Purwosari)

Puspa Citra Warapertiwi, Burhanuddin -, Tarjo Tarjo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan Koperasi Unit Desa Sari Mukti. Populasinya adalah seluruh anggota Koperasi Unit Desa Sari Mukti. Sementara itu, sampel penelitian ini ditetapkan dengan rumus Slovin dengan 66 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analyisis) dengan bantuan SPSS versi 25.

Hasil penelitian bahwa: terdapat pengaruh secara langsung positif dan signifikan antara variable kualitas pelayanan dan kepuasan dengan nilai thitung> ttabelyaitu (10.930 > 1.669) signifikan 0.000 < 0.1. Terdapat pengaruh secara langsung signifikan variabel kualitas pelayanan dan loyalitas anggota denga nilai thitung> ttabel?(3.585 > 1.669) tingkat signifikan ?0.001 < 0.1. Terdapat pengaruh secara langsung signifikan variabel kepuasan terhadap loyalitas anggota nilai thitung> ttabel(4.797 > 1.669) signifikan 0.000 < 0.1. Terdapat pengaruh secara tidak langsung signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan sebesar 0,1488 dan nilai total sebesar 1,2258.


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Anggota.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam, Muhammad. 2015, Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca (1st ed.). Deepublish. https://penerbitbukudeepublish.com/shop/buku-metode

Fikri, Sirhan dan Wahyu Wiyani, Agung Suwandaru. 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa, Bisnis dan Manajemen, Vol.3, No.1.

Putro, Shandy Widjoyo, dkk. 2014, Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran: Vol. 2, No. 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.