Menentukan Pola Pembelian Produk Dengan Rule Mining Algoritma Apriori Pada Ud. Pelita Kita Padang

Susriyanti -, Sarjon Defit, Nanik Istianingsih

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dari transaksi penjualan perusahaan menggunakan rule asosiasi Apriori. Tujuannya adalah untuk melihat pola perilaku pembelian pelanggana terhadap produk-produk UD. Pelita Kita Padang secara kombinasi. Dari hasil pengujian rule asosiasi Apriori, didapat 5 rule asosiasi yang terbentuk. Pola asosiasi yang terbentuk dalam hasil pengujian menggunakan nilai minimum support 30% dan nilai minimum confidence 70% menghasilkan 5 aturan rule asosiasi. Dan strong rules tertinggi didapatkan pada rule asosiasi J P dengan nilai support 38% dan nilai confidence 86,4%. Artinya pelanggan yang membeli produk J (Jendela) dan P (Pintu) secara bersamaan sebanyak 38% dari semua transaksi yang ada, dengan tingkat kebenaran atau keyakinan mereka akan membeli keduanya secara bersamaan adalah 86,4%.

Kata Kunci


Pola Pembelian Pelanggan, Data Mining, Rule Algoritma

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buulolo, Efori. 2013. Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat (Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan).Chang, L.-Y. Y.-J.-L. (2010). The Influence of E-Word of Mouth on the Consumers's Purchase Decision: a Case of Body Care Products. . The Journal of Global Business Management.Vol. 6 Num. 2 .

Fajri, A. F. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menetukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 81-85.

Hermawati, Fajar Astuti. 2013. Data Mining. Yogyakarta: Andi. http://www.kompasgramedia.com/business/booksto res/gramedia

Kusrini dan Luthfi, E.T. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi

Larose, Daniel T. 2005. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. John Willey & Sons, Inc.

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & Eka, F. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro). Jurnal Teknik Informatika, 9(2).

Riadi, Mukhlisin, https://www.kajianpustaka.com/2017/09/data-mining.html

Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno, P. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Semnasteknomedia Online, 4(1), 3-7.

Turban, E, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Andi: Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.