Implementasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Dusun Sungai Mancur Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo

Helva Rahmi, Nova Elsyra

Sari


Abstrak?

Penelitian ini bertujuan untu mengetahui bagaimana implementasi Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) Dusun Sungai Mancur Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo, metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis data Kualitatif. Sample dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yang pengambilan dengan teknik purposive sampling, utuk mengumpulkan data dengan observasi dan wawancara di lakukan oleh peneliti. ?

Hasil penelitian membuktikan bahwa implementasi program PAMSIMAS di Dusun Sungai Mancurmasih belum maksimal memenuhi indicator keberhasilan program PAMSIMAS, hal ini disebabkan beberapa masalah yang ditemukan dalam pelaksanaannya. Seperti di temukan bahwa pelayanan air bersih belum mampu melayani keseluruhan masyarakat Dusun Sungai Macur yang berjumlah 400 Kepala Keluarga (KK), dari jumaah tersebut baru 43 Kepala Keluarga yang mendapatkan akses air bersih, masalah ini muncul bukan masyarakat tidak di berikan akses pelayanan yang baik akan tetapi ketindak mampunya masyarakat dalam pembayaran tagihan yang membebani masyakat terutama masyarakat yng berpenghasilan menengah kebawah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pendamping PAMSIMAS di bantu dengan pemerintah Dusun Sungai Mancur mensosialisasikan program PAMSIMAS serta manfaat jangka panjangnya terhadap lingkungan dan keberlansungan hidup sehat masyarakat agar lebih baik, pemberian subsidi pembayaran 1 bulan pertama gratis, serta memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak mau ikut dalam program ini.

?

Kata kunci:?

Perlindungan; Implementasi. PAMSIMAS


Kata Kunci


Perlindungan, Implementasi, PAMSIMAS

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v4i4.210

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo