ANALISIS KELAYAKAN BISNIS WATER PARK DALAM MENGURANGI RESIKO KERUGIAN USAHA (Studi Pada PT Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo)

Feri Antoni, Burhanuddin Burhanuddin, Muhammad Nasir

Sari


Keterbatasan kelayakan sarana dan prasarana harus sudah disediakan oleh pihak pengelola bisnis taman Semagi Water Park ini dapat dilihat dari sarana trasportasi.. Disamping itu, pengelolaan dan manajemen pelayanan dirasakan juga masih kurang oleh sebagian pengunjung, termasuk kualitas air yang relatif kurang bersih dan jernih. Hal ini merupakan permasalahan yang selalu dihadapi hampir oleh semua bisnis yang baru berdiri. Untuk itu diperlukan analisis kelayakan bisnis dalam upaya untuk mengurangi kerugian maupun kegagalan usaha oleh manajemen Semagi Water Park Muara Bungo.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif ?kualitatif. Peneliti menggunakan analisis data dengan cara wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan seluruh karyawan Taman Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo,. Sedangkan sampel adalah adalah sebagian dari populasi yang akan kita selidiki. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil dan ditetapkan berjumlah 8 orang.

Hasil penelitian diantaranya: PT. Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo memiliki peluang yang potensial untuk mengembangkan usaha ditengah beratnya persaingan dalam bisnis sejenis. Untuk melihat kelemahan dan kelebihan pengelolaan usaha dari perusahaan, dapat dilihat dari berbagai aspek, yaitu: aspek pasar dan pemasaran, aspek lingkungan bisnis,? aspek teknis dan teknologis,? aspek manajemen dan sumber daya manusia, aspek yuridis, aspek financial, dan aspek lingkungan hidup.. Hambatannya oleh PT. Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo dalam analisis kelayakan usaha, diantaranya adalah: keterbatasan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh tenaga pengelola, dan keterbatasan dana investasi untuk melakukan pengembangan usaha. Upaya yang dilakukan oleh PT. Semagi Water Park Prakasa Muara Bungo dalam mengatasi hambatan tersebut, meliputi: melakukan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola, dan mencari alternatif pendanaan investasi.


Kata Kunci


Kelayakan Bisnis, Resiko Kerugian Usaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anonim, Kamus Bahasa Inggris Lengkap, Apollo, Surabaya, 2002

Freddy Rangkuti, Riset Pemasaran, Gremedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001

Gultina, Joseph. P, Gordon W, Paul, Marketing Management, Strategies and Program, Second Edition, Terjemahan Agus Maulana, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002

Hessel Nogi S.Tangkilisan, Manajemen Modern Untuk Sektor Publik, Balairung & Co, Yogyakarta, 2003

Husein Umar, Studi Kelayakan Bisnis, Gramedia, Edisi.3, Karawaci 2001

Keegan, Warren. J., et all, Marketing, second Edition, Prentice Hall; Englewood Cliffs, New Jersey, 1997

Kusnadi dan Agustina Hanafi, Pengantar Manajemen Strategi, Universitas Brawijaya, Malang, 2002

Lexi J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1991

Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta, 2006

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Selemba, Jakarta, 2000

--------, Marketing Management, Analysis, Planning and Control, 5th Edition, Prentice Hall, Inc. London 1984, Terjemahan Jaka Wasana, Penerbit Erlangga, 2003

Philip Kotler, Armstrong, Gary, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke ? VI, Jilid 1, Prenhalindo, Jakarta 2001

Rachmad A. Triono, Pemberdayaan SDM dalam meningkatkan daya, IBI, Jakarta, 2001

Sadono Sukirno, Pengantar Teori Ekonomi Mikro,, Edisi ke ? II, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999

Sadu Wasistiono, dkk, Menata Ulang Kelembagaan Pemerintah Kecamatan, Citra Pindo, Bandung, 2002

Soewarno Handayaningrat, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Mas Agung, Jakarta, 1998

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung. 2008

Supriyono, Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis, BPFE, Yogyakarta, 2001

Syofyan Assauri, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Penerbit CV. Rajawali, Jakarta, 1999

William J Stanton, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke ? VII, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2002

W.J.S Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1998




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v4i4.215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo