ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MUARA BUNGO

joko susanto, Muhammad Al Ichsan, Siti Rahmiati, M. Chotib, Zepa Anggraini

Sari


Berdasarkan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 pasal 8 tentang Guru dan Dosen bahwa dalam usaha memenuhi mutu pendidikan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiaman, apa hambatan serta upaya kompetensi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muara Bungo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ialah dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak sepuluh orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik belum cukup baik, hal ini dikarenakan masih ditemukan permasalahan terkait dengan kompetensi pedagogik dan profesional. Hambatan yang ditemukan adalah sebagian tenaga pengajar belum sesuai dengan kebutuhan kurikulum, sebagian guru belum menguasai rencana perangkat pembelajarn dan kekurangan bahan ajar dan sarana guru mengajar. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi kebutuhan tenaga pengajar, membuat aturan dan pengawasan terkait dengan kinerja guru dan memaksimalkan sarana dan prasarana belajar untuk mendukung pemenuhan kompetensi guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiah Mukhtar. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa di Kota Makasar. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 1(4).

Anggara, Sahya. 2012. Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Asep, Kartiwa. 2015. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Pustaka Setia.

Bayu, H. 2015. ?Jurnal Tinjauan Pustaka Pengertian Sekolah.? Ilmu Pendidikan 2(1).

G.R. Terry dan LW. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B, Uno. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Haris, Asep jihad dan Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Iskandar Agung dan Yufridawati. 2013. Pengembangan Pola Kinerja Harmonis Dan Strategis Antara Guru Kepala Sekolah Dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana.

Nawawi, Hadari. 2011. Administrasi Pendidikan. 4th ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Ridwan. 2012. Skala Pengukuran Dan Instrumen Penelitian. Tangerang: Ikapi.

Satori, Djam?an. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Triwulan, Trianto dan Titik. 2016. Tinjauan Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik. Jakarta: Pustaka Setia.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standarisasi Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Tenaga Pendidik




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v6i2.221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo