STRATEGI PENJUALAN LISTRIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Pada PT.Perusahaan Listrik Negara Area Cabang Muara Bungo)

feri antoni, H. Burhanuddin, H. Muhammad Nasir

Sari


Penilaian kinerja pada setiap perusahaan merupakan aspek yang sangat penting Karena setiap perusahaan memiliki target yang harus dicapai melalui kinerja setiap jajaran manajemennya. Sama Halnya dengan PT.PLN (Persero) Cabang muara Bungo, selain memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai satu-satunya perusahaan yang menyediakan dan menjual energi listrik bagi masyarakat di kabupaten bungo dan sekitarnya, perusahaan ini juga dituntut untuk mencapai tingkat kinerja yang baik dalam penjualan energi listrik kepada konsumen maupun calon konsumen.

Dalam penjualan dan pemasaran energi listrik kepada konsumen maupun calon konsumennya, PT.PLN (Persero) Cabang Muara Bungo selalu menerapkan strategi pemasaran yang memihak pada pemenuhan kebutuhan konsumen tetapi seiring dengan hal itu juga dapat memberikan kontribusi keuntungan bagi pihak PLN dan tentunya adalah pencapaian kinerja yang baik.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi penjualan listrik dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan, serta untuk mengetahui hambatan terhadap strategi penjualan energi listrik yang dihadapi oleh pihak PT.PLN (Persero) Cabang Muara Bungo dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah PT.PLN (Persero) Cabang Muara Bungo pada bagian Pemasaran dan pada konsumen, dengan sampel Asisten Manajer, Supervisor, karyawan konsumen dan Instalateur PLN Cabang Muara Bungo. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi dan wawancara.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa adanya upaya-upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan strategi penjualan energi listrik guna pencapaian kinerja perusahaan, tetapi pelaksanaan belum terlaksana secara optimal, hal itu terlihat dari masih besarnya nilai losses yang terjadi serta peningkatan tunggakan rekening listrik setiap bulannya.

???? Hambatan dalam strategi penjualan energi listrik terus dialami oleh PT.PLN (Persero) Cabang Muara Bungo. Hal itu disebabkan karena kondisi material penyaluran yang sudah terlalu lama, masih kurangnya kesadaran pelanggan untuk melunasi tagihan? listrik tepat pada waktunya, serta sistem administrasi yang belum tertata rapi. Upaya yang dilakukan oleh pihak PT.PLN(Persero) Cabang Muara Bungo adalah perbaikan material dan jaringan secara bertahap, memberlakukan aturan dan ketetapan yang berlaku bagi konsumen listrik, serta perbaikan sistem administrasi


Kata Kunci


Strategi Penjualan, Kinerja Perusahaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.A. Prabu Mangkunegara, Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan pertama, Refika Aditama, Bandung, 2005

Basri, Pengantar Bisnis, Edisi pertama, BPFE,Yogyakarta, 2005

Basu Swastha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Moderen, Liberty, Yogyakarta, 2001

Boyd Walxer Larreche, Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2003

Harry Jaya Pahlawan, Panduan Listrik, Pro Fajar, Jakarta, 2005

Hessel Nogi, S, Tangkilisan, Manajemen Modern untuk Sektor Publik, Balairung & Co, Yogyakarta, 2003

Michael T.Wilson, Manajemen Armada Penjual, Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993

Moh. Pabundu Tika, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Bumi Aksara, Jakarta, 2008

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Indeks, Jakarta, 2004

Sedarmayanti, Tata Kerja dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung, 2009

Soewarno Handayaningrat, Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen, Mas Agung, Jakarta, 1993

Sugiono, Methode Penelitian Adminstrasi, Alfabetha, Bandung, 2008

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V, Rieneka Cipta, Jakarta, 2002

Supriyono, Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis, BPFE, Yogyakarta, 2001

T. Hani Handoko, Manajemen, BPFE, Yogyakarta, 2000

-----------, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, BPFE, Yogyakarta, 2001

W.J.S Poerdarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1998




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v6i2.244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo