PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. GALATTA LESTARINDO

Rengga Wana Putra, Yulasmi Yulasmi, Susriyanti Susriyanti

Sari


The purpose of this study is to find out how much influence Brand Image and Brand Trust have on Purchasing Decisions with Consumer Satisfaction as Intervening Variabels at PT. Galatta Lestarindo. Methods of data analysis using a questionnaire, with a sample of 100 respondents. The data analysis method used is SEM. Based on the results of the study indicate that there is a positive and not significant effect between Brand Image on Consumer Satisfaction. There is a positive and significant influence between Brand Trust on Consumer Satisfaction. There is a positive and significant influence between Brand Image on Purchasing Decisions. There is a positive and significant influence between Brand Trust on Purchasing Decisions. There is a negative and significant influence between Consumer Satisfaction and Purchasing Decisions. Consumer Satisfaction does not mediate Brand Image on Purchasing Decisions. Consumer Satisfaction mediates Brand Trust on Purchasing Decisions. The variabel contribution of Brand Image and Brand Trust through Consumer Satisfaction is 37.9% while the remaining 62.1% is influenced by other variabels outside of this study. Based on the results of this study, it is expected that PT. Galatta Lestarindo can improve purchasing decisions by increasing Brand Image, Brand Trust and Consumer Satisfaction through each indicator.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, Nadya Calista, and Dr.Drs Ngatno. 2020. ?Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.? Jurnal Administrasi Bisnis 9: 198?208.

Apriliani, Dwi, Nikmah Baqiyyatus S, Rizka Febila, and Vicky F. Sanjaya. 2020. ?Pengaruh Kepuasan Konsumen, Brand Image, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Membercard.? Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA) 1(1): 19?28.

Firmansyah. 2018. ?Pengaruh Word of Mouth (Wom) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo.? pengaruh word of mouth (wom) dan Brand Image terhadap keputusan pembelian smartphone (studi kasus pada mahasiswa iais syzrifudin lumajang) 1(1): 133?42.

Haryantini, Haryantini. 2019. ?Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Go-Jek Di Stasiun Depok Jawa Barat.? Jurnal Pemasaran Kompetitif 3(1): 45.

Hidayat, Adli Tama. 2018. ?Pengaruh Citra Destinasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Keputusan Kunjungan Ulang ( Studi Kasus Pengunjung Istana Maimoon Medan ).?

Istiyanto, Budi. 2017. ?Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC Di Surakarta).? Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 12(1): 1?8.

Jacob, Aprilia A., S. L. H. V. Joyce Lapian, and Yunita Mandagie. 2018. ?Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat.? Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 6(2).

Kurniawati, Tyas, Bambang Irawan, and Adi Prasodjo. 2019. ?Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember.? e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 6(2): 147.

Kususmasasti, Ika, Andarwati, and Djumilah Hadiwidjojo. 2017. ?Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Coffee Shop.? Ekonomi Bisnis 22(2): 123?29.

Lestari, Ani, and Edy Yulianto. 2018. ?Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Konsumen Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang).? Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 54(1): 74?81.

Lokasi, Pengaruh, Promosi Dan, Persepsi Harga, and Terhadap Keputusan. 2019. ?Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado.? Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(1).

Maharani, Ni Luh Putu Anindya Putri, and Ni Wayan Ekawati. 2019. ?Peran Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Clothing Online Melalui Instagram.? 8(9): 5672?5701.

Manado, Prisma Dana, Fakultas Ekonomi, and Jurusan Manajemen. 2019. ?Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royal??TMS Resto and Function Hall Di Kota Ternate.? Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(1): 871?80.

Maupa, Haris, Nuraeni Kadir, and Sulbiah. 2019. ?Pengaruh Citra Merek , Kualitas Produk , Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Makassar The Effect of Brand Image , Quality Product , and Price To The Purchase Decision of Converse Shoes in Makassar Untuk Digunakan Sehari-Hari , Mulai.? Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika 16(2): 135?68.

Novianti, Endri, and Darlius. 2018. ?Kepuasan Konsumen Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen.? VIII(1): 90?108.

Ogi, Imelda W., Silcyljeova Moniharapon, and Farah Diza. 2016. ?Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado).? 4(1): 109?19.

Pratiwi, Dian, and Asminah Rachmi. 2020. ?Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Marcks (Studi Pada Mahasiswa Prodi D4 Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi.? Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis 6(1): 121?25.

Prijaya, Andres, and Thomas Santoso. 2019. ?Outlet Mini Melts Surabaya.? Agora 7(1). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8172.

Purwanti, Astri Ayu. 2019. ?Pengaruh Life Style, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Astri.? Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689?99.

Saputro, Danang Adi, M. Hufron, and Afi Rahmat S. 2017. ?Pengaruh Kepuasan Pelangga, Kepercayaan Konsumen, Dan Switching Barriers Terhadap Loyalitas Konsumen.? e ? Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN: 124?35.

Susriyanti. (2018). Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 1, 56?60.

Sari, Aditya Julita, IBN Udayana, and Agus Dwi Cahya. 2021. ?Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.? Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 4(2): 308?27.

Sari, Dinar Nindita, and Ida Nurnida. 2017. ?Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pdam Kota Cirebon Impact of Service Quality on Customer Satisfaction At Pdam Cirebon.? 4(1): 923?31.

Sartika Dewi, Pande Ayu, Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari, and Gusti Alit Suputra. 2021. ?Pengaruh Brand Trustdan Brand PreferenceTerhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome.? 1(4): 1343?56.

Sidanti, Heny. 2015. ?Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Brand Trust Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat Dprd Kabupaten Madiun.? Jurnal JIBEKA 9: 10.

Silape, Billy R, and Lisbeth Mananeke. 2019. ?Keputusan Pembelian Laptop Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat Influence of Brand Image Pricing Strategy To Laptop Buying Decision in University Students At Economy and Business Faculty Sam Ratulangi.? 7(1): 961?70.

Sitompul, Silvia Sari. 2019. ?Model Analisis Pengaruh Cita Merek Dan Harga Terhadap Keputusanpembelian Xiaomi Smartphone.? Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689?99.

Sopyan. 2015. ?Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu).? : 62.

Triputranto, Agung. 2020. ?Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Transaksi E-Pulsa (Studi Kasus Di Indomaret Sudirman Tangerang).? Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang 3(2): 1.

Ulza, Emaridial. 2019. ?Pengaruh Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.? 8(1): 59?66.

Umar, Husein. 2014. ?Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Penerbangan Low Cost Carrier Factors Affecting Customer ? S Satisfaction on Low Cost Carrier Flight.? 1(2): 127?38.

Widayatma, Cindy Phasalita, and Sri Puji Lestari. 2018. ?Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Rifa Kuliner Kendal ).? 7(3): 25?38.

Wirawan, Andi Andika, Herman Sjahruddin, and Nurlaely Razak. 2019. ?Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffe Di Kabupaten Bone.? 1(1).




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v7i1.246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo