PERAN UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGELOLAAN PASAR DALAM PEMBERDAYAAN PASAR BUNGUR KABUPATEN BUNGO

Nanang Al Hidayat, Joko Sunaryo, Burhanuddin Burhanuddin, Feri Antoni, Asra'i Maros

Sari


Fenomena dalam penelitian ini yaitu tidak adanya pembinaan yang diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bungo terhadap para pedagang, Masih rendahnya kualitas sarana dan prasarana yang tersedia di pasar Bungur Kabupaten Bungo, Tidak adanya pengembangan pasar yang dilakukan pemerintah daerah terhadap pasar dan pedagang dipasar Bungur Kabupaten Bungo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Unit Pelaksana Teknis pengelolaan pasar dalam pemberdayaan Pasar Bungur di Kabupaten Bungo. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode deskriptif atau memaparkan secara keseluruhan (komprehensif) aspek-aspek yang ada. Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah dengan pendekatan secara kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pasar Kabupaten Bungo, seluruh pedagang di pasar tradisional di pasar Bungur Kabupaten Bungo dan seluruh pembeli di Pasar Bungur Kabupaten Bungo. Hasil penelitian menunjukan pemberdayaan pasar Bungur Muara Bungo sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bungo Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pembinaan terhadap pasar tradisional, serta pelaku-pelaku usaha yang ada di di dalamnya sudah berjalan namun masih ada beberapa kendala.


Kata Kunci


Peran, Pengelolaan pasar, Pemberdayaan masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Anggara, Sahya. (2018). Kebijakan Publik Dan Teori Perubahan. Cv.Pustaka Setia.

Anggara, S. (2015). Metode Penelitian Administration (Edition Pe). Cv. Pustaka Setia.

Handoyo, E. (2012). Kebijakan Publik. Kebijakan Publik Deliberatif, 9.

Lukito, N. Y. (2018). Revitalisasi Ruang Pasar Tradisional Melalui Pendekatan Desain Dan Interaksi Pengguna Ruang. Deepublish.

Mardikanto, T. (2019). Permberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik (Ke 1). Cv.Alfabeta.

Rushananto. (2014). Kebijakan Publik. Kebijakan Publik, 1993, 15.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Wirawan, S. (2015). Teori Peran Sarlito Wirawan. Digilibuinsby.Ac.Id, 22.

Jurnal

Hatib, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Pasar Cik Puan Kota Pekanbaru Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ditinjau Dari Perfekstif Ekonomi Islam.

Indroyono, P. (2013). Revitalisasi Pasar Rakyat (Tradisional) Berbasis Ekonomi Kerakyatan. Academia.Edu.

Lesmana, M. (2021). Tinjauan Ekonomi Islam Dalam Pengelolaan Pasar Tradisional Oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Pada Pasar Induk Tradisional Giwangan).

Mokalu, T. M., Nayoan, H., & Sampe, S. (2021). Peran Pemerintah Dalam Pemberdayaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Di Pasar Langowan Timur Kecamatan Langowan Timur. Jurnal Governance, 1(2), 1?11.

Samsu. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif (Issue 17).

Brigette Lantaeda, S., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2002). Peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan Rpjmd Kota Tomohon. Jurnal Administrasi Publik (Jap), 04(048), 243.

Setiyawan. (2013). Peran Dinas Sosial Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Di Kabupaten Magetan. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9).

Wandes Octavia, R. (2019). Peran Dinas Prindustrian dan Perdagangan Pasar Dalam Pengelolaan Pasar Tradisional Sprek Satu Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Palalawan.

Wijaya, A., Studi, P., Pemerintahan, I., Ilmu, F., Dan, S., & Riau, U. I. (2019). Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau Universitas Islam Riau. 1?122.

Yudi Marihot, Sapta Sari, Dan A. E. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (Mudima): Vol. 1 (Issue April).

Yulianti, P. (2021). Pemberdayaan Pasar Tradisional Dalam Memingkatkan Ketertiban Pedagang Di Pasar Bungur Mura Bungo.

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional

Peraturan Daerah Kabupaten Bungo Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan an Toko Modern

Peraturan Daerah kabupaten Bungo Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah

Peraturan Bupati Bungo Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pasar Pada Dinas Koperasi, UMKM, Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Bungo.




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v7i1.249

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo