PENGARUH KETERSEDIAAN BARANG DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN GAS LPG PANGKALAN USAHA MUDA MUARA BUNGO

Rima Wendra, Widya Pratiwi, Silvia Jesika, Eva Marlina, Zulkifli Zulkifli

Sari


Perusahaan akan mengarahkan segala upaya untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang. volume penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, dimana dengan volume penjualan perusahaan dapat melihat naik turunnya pendapatan perusahaan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Ketersediaan Barang dan Harga LPG Terhadap Keputusan Pembelian di Pangkalan ?Usaha Muda? Muara Bungo secara parsial dan simultan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen Pangkalan ?Usaha Muda? Muara Bungo. Jumlah sampel penelitian yang diteliti sebanyak 110 orang, yang ditetapkan dengan teknik accidental sampling.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel ketersediaan barang tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan (Y), dimana nilai koefisien regresi variabel Persediaan Barang (X1) adalah 0,393 bernilai negatif; Variabel Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan (Y), diketahui bahwa nilai koefisien regresi variabel Harga (X2) adalah 1,082 bernilai positif; Variabel Ketersediaan Barang (X1) dan Harga (X2) berpengaruh terhadap variabel dependen Volume Penjualan (Y) secara simultan dan bernilai positif, dengan hasil penelitian Nilai F hitung > F tabel (104,239 > 3,080) dengan demikian Ha diterima. Nilai R square atau koefisien determinasi adalah 0,661 atau 66,10% sedangkan sisanya sebesar 33,90% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata Kunci


Ketersediaan Barang, Harga, Volume Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku

Abdurrahman, M & Muhidin, S.A, (2011), Panduan Praktis Memahami Penelitian, Jakarta: Pustaka Setia.

Basu Swastha dan Irawan, (2011), Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Seri Kuliah, Bandung: Sari Nusa

Ghozali. Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Bandung: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph E, et al. (2017), Multivariate Data Analysis 7th Edition, diterjemahkan oleh Bob Sabran, Jakarta: PT. Macaman Jaya.

Jacob, F.R., & Chase, R.B. (2014). Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan (Operations and Supply Chain Management), Edisi 14, Jakarta: Salemba Empat.

Malayu, Hasibuan, SP. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Kencana

Kotler. P & Gary Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller. K.L. (2016). Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Benyamin Molan, Jakarta: PT. Macaman Jaya.

Pasolong, H. (2013). Metode Penelitian Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. (2010). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saifuddin. Azwar. (2015). Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiyaningrum Ari, (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suhaimi. Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Thoha, Mifta. (2013). Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tjiptono. F. (2018). Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jurnal dan Skripsi

Ahmadi Herman. (2013). Analisis Pengaruh Harga dan kualitas Layanan Terhadap Volume Penjualan Gas Elpiji 3 Kg dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Hero Gas Jaya Ponorogo), Jurnal Ekomaks, Volume 2 Nomor 1 Tahun 2013

Azizah, AN. (2017). Pengaruh Persediaan Bahan Baku dan Biaya Produksi Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Industri Genteng di Kecamatan Mayong), Skripsi, Kudus: STAI Negeri Kudus.

Bulele, E.Y. (2016). Analisis Pengaruh Citra Toko, Harga, dan Ketersediaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia Manado, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume Nomor 16.

Devitasari, N. (2020). Pengaruh Harga, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret di Desa Wringinanom Kabupaten Gresik, Skripsi, Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Guntur, AF. (2014). Strategi Pemasaran Untuk meningkatkan Volume Penjualan Gas Elpiji 3 Kg Pada PT. Putra Sinbar Gas di Kabupaten Sinjai, Skripsi, Makasar: Universitas Hasanuddin

Prasetya E, (2022). Pengaruh persediaan dan kualitas produk terhadap volume penjualan pada PT. Bilah Baja Makmur Abadi, Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya, E-ISSN 2716-3393, Volume 8 Nomor 1 Tahun 2022.

Putra, I Made Adi Suardana, (2018), Analisis Pengembangan Strategi Peningkatan Volume Penjualan Produk Bright Gas 5,5 Kg Berbasis Agen LPG Pada Pertamina Persero Kantor Cabang Denpasar Provinsi Bali, Skripsi, Malang: Universitas Brawijaya.

Ridho AK. (2015). Pengaruh harga terhadap volume penjualan pada industri kripik singkong ?Karunia? di Desa Macanan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi, Equilibrium Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015.

Saragih, C.V.B. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu di Jakarta, Volume 3 Nomor 2 Tahun 2013.

Susilowati, (2016), Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan Feminime Hygine Sirih Pada PT. Romos Inti Kosmetik Surabaya, Jurnal Lentera, Vol. 14 Nomor 2 Septermber 2016

Syahmiral, NA. (2018). Pengaruh Harga dan Ketersediaan Barang Terhadap Volume Penjualan (Studi Pada Pabrik Tahu ATB Padang), Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.

Talumewo, J.G. (2021), Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pangkalan Gas LPG 3 Kg Christian D. Assa di Desa Pontak Kecamatan Ranoyapo, Jurnal e-ISSN 2723-0112




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v7i1.257

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo