PENGARUH HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN SECOND BRANDED MAHASISWA FAKULTAS ADMINISTRASI IAKSS MUARA BUNGO

Delvita Juniarsih, Lia Udiama, M Syukurman

Sari


Peningkatan pembeliaan terhadap pakaian second brandded, khususnya di daerah perkotaan. Keputusan pembelian konsumen terhadap pakaian second brandded sangat tinggi, hal ini berkaitan erat dengan gaya hidup masyarakat modern yang selalu mengejar gengsi dan faktor harga yang lebih terjangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pakaian second branded pada mahasiswa fakultas administrasi IAKSS Muara Bungo.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas administrasi IAKSS Muara Bungo dan untuk sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden. Analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda. Alat analisisnya menggunakan aplikasi SPSS Statistik varsi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung sebesar 4,317 > ttabel 1,986. Variabel gaya hidup secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung sebesar 8,135 > ttabel 1,986. Variabel harga dan gaya hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau Fhitung sebesar 87,086 > Ftabel 3,10. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa konstribusi variabel independen yaitu harga (X1) dan gaya hidup (X2) terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) sebesar 65,9%. Sedangkan sisanya sebesar 34,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriani, A. D., & Menuk Sri, C. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya. Journal of Sustainability Business Research, 2(1), 194?207.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Fadjar, C., Juanna, A., Ismail, Y. L., Gorontalo, U. N., Gorontalo, U. N., & Gorontalo, U. N. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Rumah Pernik Kota Gorontalo. 5(1), 339?349.

Luthfianto, D., & Suprihhadi, H. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Jalan Korea. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1?18. ejurnal.gunadarma.ac.id

Nasib, debora tambunan, syaifullah. (2021). Perilaku Konsumen (studi dalam pemilihan perguruan tinggi) (M. Hasan (ed.). Nuta Media.

Rahmayanti, Ni?matur dan Dwi Andriani, A. (2021). Pengaruh Brand Image , Harga , Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thriftshop Online Instagram ( Studi Kasus Pada Konsumen @ Rilyshop Di Kota Surabaya ). 4 Nomor 2.

Rosi Kumala Dewi, A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Thrift shop Not Bad Secondhand.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian administrasi (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.

Suyati, E. S., & Rozikin, A. Z. (2021). The Influence of Motivation and Self-Efficacy Towards The Students ? Entrepreneurship Interest in Muhammadiyah University of Palangkaraya. 17(1), 91?100.

Winingsih, A. nur. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas (Studi Pada Pahasiswa STIESIA Surabaya). Ilmu Dan Riset Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v7i2.268

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo