PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN PUBLIK PASIEN RAWAT JALAN PADA RSUD H. HANAFIE MUARA BUNGO

Christina Aprilliasari, M Chotib, Mela Sari, Yasmir Yasmir

Sari


Salah satu wujud penyediaan pelayanan kesehatan merupakan rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prinsip-prinsip pelayanan publik pasien rawat jalan pada RSUD H. Hanafie Muara Bungo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dari RSUD H. Hanafie Muara Bungo belum berjalan dengan maksimal. Dari 10 (sepuluh) prinsip-prinsip pelayanan publik hanya 6 (enam) prinsip yang berhasil dicapai, diantaranya Kesederhanaan; Kejelasan; Akurasi; Keamanan; Kelengkapan Sarana dan Prasarana; dan Kemudahan Akses. Kemudian 4 (empat) prinsip yang belum berhasil dicapai, diantaranya Kepastian Waktu; Tanggung Jawab; Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan; serta Kenyamanan. Hambatan dalam pelayanan pasien rawat jalan terletak pada tidak adanya SOP Rawat Jalan, kerusakan alat pendukung petugas, dan ketersediaan obat yang dalam waktu tertentu jumlahnya terbatas. Upaya yang dilakukan pihak RSUD H. Hanafie Muara Bungo yaitu berpatokan pada SOP Tindakan, melakukan perawatan alat pendukung pelayanan, dan membuat copy resep atau mengeluarkan obat yang kandungannya sama dengan obat yang dibutuhkan semestinya.

Kata Kunci


Pelayanan Publik, Pasien, Rawat Jalan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Anggara, S. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Pustaka Setia

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media

Mulyadi,d. (2015). ?Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik?. Alfabeta

Rachman, M. (2021). Manajemen Pelayanan Publik. Tahta Media Group

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Refika Aditama

Jurnal

Taufiq, A. R. (2019). Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. 12(April), 56?66. https://doi.org/10.22441/profita.2019.v12.01.005

Wijaja, E. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan WOM ( Word Of Mouth ) Pasien Rawat Jalan di RSUP H . Adam Malik Medan

Peraturan Perundang-Undangan

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit

Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/ KEP/ M. PAN/ 7/ 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v7i2.274

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo