PENGARUH VARIASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WEDDING ORGANIZER QUEENBEE DECORATION MUARA BUNGO

Nabila Rodiah, Sasmita Rusnaini, Silvia Jesika, Widya Pratiwi, Eva Marlina, Joko Sunaryo

Sari


Persaingan antar sesama? wedding organizer juga menjadi masalah bagi Bisnis wedding organizer, karena banyaknya pengusaha serupa untuk memenangkan pelanggan. Ini dapat mempengaruhi variasi produk dan harga yang ditawarkan dan membatasi kemampuan untuk membedakan diri dari pesaing.

Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Wedding Organizer Queenbee Decoration Muara Bungo. Teknik? pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah menggunakan rumus dari Rao Purba. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket/Kuesioner dan Observasi.

Hasil penelitian diketahui bahwa Variasi produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (Y), dimana nilai thitung (5,738) > ttabel (1,985) dan nilai sig (0.000) < (0.005), sehingga H1 diterima. Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). dimana nilai thitung (3.542) > ttabel (1,985) dan nilai sig (0.001) < (0.005), sehingga H2 diterima. Pengaruh variasi produk dan harga terhadap keputusan konsumen dapat dilihat dari uji secara simultan atau serentak diperoleh nilai Fhitung sebesar 216.981 lebih besar dari Ftabel yaitu 3.090. Sehingga H3 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel variasi produk (X1) dan harga (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y) Pada Wedding Organizer Queenbee Decoration Muara Bungo..

Kata Kunci


Variasi Produk, Harga, Kepuasan Konsumsn

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatma Fisti Ayu (2017), Pengaruh Harga, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Kosumen Jasa Wedding Organizer (Studi kasus pada Graha Hartika Wedding & Convention Hall Bekasi) Skripsi Program Studi Strata 1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Isti Faradisa, Leonardo Budi H, and Maria M Minarsih, 2016. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang. Jurnal Manajemen Universitas Padanaran Semarang, 4.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Erlangga.

Patricia M.A Kambey, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan KonsumenWeddings by De?Puteris Bridal Airmadidi. Jurnal Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi,Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado Vol. 2 No. 6, 2021

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2015). Service, Quality & Satisfaction. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v7i2.275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo