PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI DESA CERMIN ALAM

Ria Wenny Asriani, Yasmir Yasmir

Sari


Penelitian ini dilakukan di program Pendidikan paket B yang ada di Desa Cermin Alam, Kecamatan VII Koto Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Program Pendidikan paket B ini dirintis sejak tahun 2008. Desa Cermin Alam tidak memiliki sekolah formal, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tebo mengupayakan satu program yang dapat membantu Masyarakat yang putus sekolah untuk bisa Kembali bersekolah walaupun usia mereka sudah tidak termasuk ke dalam usia sekolah lagi. Partisipasi Masyarakat menjadi penting agar program bisa berjalan dengan baik dan keinginan Masyarakat untuk bisa memperbaiki kehidupan mereka dapat terwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran program Pendidikan kesetaraan dan mendeskripsikan partisipasi Masyarakat dalam mensukseskan program Pendidikan kesetaraan. Masyarakat yang menjadi warga belajar Program Pendidikan Paket B cukup banyak, akan tetapi Tingkat kehadiran disetiap pertemuan belajar sangat rendah. Modul yang diberikan kepada peserta didik pun tidak semua peserta didik membacanya. Yang menjadi alasan utama dari Tingkat kehadiran yang rendah adalah, mereka lebih memilih menghabiskan waktu untuk bekerja walaupun mereka sendiri sangat membutuhkan Program Pendidikan Paket B ini. Selain itu ada beberapa dari peserta didik yang ikut Program Pendidikan Paket B hanya untuk mendapatkan ijazah saja, bukan mencari ilmu pengetahuan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu. (1973). Sosiologi Pendidikan. PT. Bina Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pendidikan Kesetaraan mencerahkan Anak Bangsa. Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Dirjen Pendidikan Luar Sekolah.

Depdikbud. (1991). Ensiklopedia Indonesia, edisi khusus. Jakarta : PT. Ictiar Baru-Van Hoeve.

Kaswardi. (1998). Mandat Masyarakat yang Dijalankan oleh Sistem Sekolah. Jakarta : Rieneka cipta.

Koentjaraningrat. ( 1997). Kebudayaan dan Mentalitas Pembangunan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Manan, Imran. (1989). Dasar-dasar Sosial Budaya Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, Lexy. J. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Muhadjir, Neong. (1996). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rake sarasin.

Nasution. (1992). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Sujana, Djuju. ( 1996). Peranan keluarga Dalam Lingkungan masyarakat. Bandung: Rosda Karya.

Surya, Moh. (2004). Pokok-pokok Pengelolaan Pendidikan. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Suryanto, dkk. (2007). Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Undang-undang Republik Indonesia. No 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

www.jugaguru.com.standar. Proses pendidikan Kesetaraan. Diakses 15 April 2011.




DOI: https://doi.org/10.56957/jsr.v7i2.276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Administrasi dan Humaniora (JASIORA) Online ISSN : 2656-1328 is Published by STIA Setih Setio Muara Bungo